Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Dirjen Imigrasi Bambang Irawan: Wapres RI Cermati Kinerja Imigrasi

Published in: Berita

Manado – Direktur Jenderal Imigrasi Bambang Irawan mengatakan bahwa layanan keimigrasian seperti paspor dan izin tinggal bagi orang asing adalah menjadi perhatian tidak hanya masyarakat, namun juga Wakil Presiden.

 

 

 “Saya ingat ketika Rakernas beberapa waktu lalu, ternyata Bapak Wakil Presiden sangat mencermati apa yang imigrasi lakukan. Karena itu marilah kita berjuang untuk lebih baik lagi,” kata Bambang,  saat memberikan pengarahan kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi Se-Sulawesi dan Maluku, Senin (29/04), mendampingi Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana, yang juga dihadiri Kakanwil Manado I Wayan Sukerta, dan Direktur Perjalanan Visa dan Dokumen Keimigrasian, Gatot Subroto.

 Sebelumnya, Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana, dalam arahannya menekankan makna penting Reformasi Birokrasi meliputi delapan area perubahan serta 9 program percepatan reformasi birokrasi.

 Area perubahan Kementerian Hukum dan HAM meliputi organisasi, yakni mewujudkan organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran (right sizing), tata laksana yang meliputi mewujudkan sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. “Harus diakui birokrasi kita tidak fit, masih banyak diperlukan pembenahan,” tutur Wamen.

Selain itu Wamenkumham menekankan peraturan perundang-undangan yakni mewujudkan regulasi yang lebih tertib tidak tumpang tindih dan kondusif. Sumber Daya Manusia Aparatur merupakan area reformasi birokrasi selanjutnya, yakni mewujudkan SDM aparatur yang berintegritas, netral, kompeten, capable, profesional.

“Terkait SDM kita terapkan penerimaan CPNS yang bersih, profesional, transparan dan bebas pungli. Begitu juga dengan penerimaan taruna AKIP dan AIM yang saat ini masih berlangsung. Kita gunakan tes CAT (Computer Assisted Test) yaitu tes yang menggunakan komputer yang dimiliki oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehingga hasilnya transparan,” tandasnya.

Hal berikutnya adalah terkait dengan pengawasan, yaitu mewujudkan peningkatan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Dalam konteks inilah acara seperti ini menjadi relevan, karena bagaimanapun baik buruknya UPT tergantung juga pada kepala UPT terkait. “Kalau atasannya baik, maka mudah dilihat bahwa ke bawahnya juga baik,” kata Wamen.

Terkait  akuntabilitas Wamen mengatakan bahwa ia bertekad mewujudkan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi. “Untuk menunjang akutabilitas kita bisa gunakan Undang-Undang KIP (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik –Red.) Karena bagaimanapun, musuh utama korupsi adalah transparansi”.

Selanjutnya Wamen menjelaskan tentang pelayanan publik, yakni mewujudkan pelayanan prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. “Masyarakat saat ini sudah sangat paham, jadi kita tidak boleh main-main. Tuntutan masyarakat juga sangat tinggi, misalnya saat ini masyarakat tidak hanya menuntut tidak boleh ada pungli, tapi juga menuntut agar petugas layanan imigrasi sambil senyum dalam melayani,” ujar Wamen.

Wamen juga menyinggung pola pikir dan budaya kerja. Terkait hal ini, Wamen mengajak kita semua untuk mewujudkan birokrasi dengan integritas dan kinerja tinggi. “Tidak boleh lagi ada pungli. Jangan karena remunerasi kita belum 100 persen, lalu kita boleh pungli. Pungli tidak pernah halal, bahkan bila remunerasi kita nol persen sekalipun,” tegasnya.

Sebelum memberikan pengarahan, Wakil Menteri Hukum dan HAM juga melakukan pemantauan dan sidak ke Rudenim Manado dan Rutan Manado yang terjadi longsor yang membutuhkan perbaikan. Kemudian setelah pengarahan di Kantor Wilayah, Wamen selanjutnya memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dengan tema “Pemberantasan Korupsi di Indonesia: Capaian dan Strategi Percepatan”. Hadir dalam acara tersebut, Rektor Unsrat Prof.Dr.Donald A.Rumokoy,SH.,MH, dosen, dan mahasiswa. | Chandra/Elma Sihombing


Sumber :
http://korantransaksi.com/trans-nasional/dirjen-imigrasi-bambang-irawan-wapres-ri-cermati-kinerja-imigrasi/

Read 48741 times
Last modified on Saturday, 22 June 2013 23:18

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.