Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Pengurusan Paspor Haji Tidak Dikenakan Biaya

Published in: Berita

MEDAN— Dalam pengurusan paspor bagi jamaah calon haji (Calhaj) ke Kantor Imigrasi tidak dikenakan biaya apa pun (gratis), kecuali jika ada seorang Calhaj tidak jujur mengatakan paspornya belum ada, meskipun pernah mengurusnya, maka dia akan dikenakan denda administrasi.

 

Demikian salah satu poin hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurusan Paspor Jamaah Calhaj antara jajaran Kanwil Kemenagsu bersama Kantor Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum & HAM Sumut di Aula Jabal Uhud Asrama Haji Medan, belum lama ini.
Hadir dalam acara itu Kakanwil Kemenagsu Drs H Abdul Rahim MHum dan Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Drs H Abdul Rahman Harahap MA serta Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum & HAM Sumut H Rostanov dan sejumlah Kakan Kemenag dan Kasi Haji Kabupaten/Kota di Sumut.

Selain penggratisan biaya pengurusan paspor haji, dalam Rakor itu juga disepakati, terhadap paspor jamaah Calhaj yang hampir berakhir masa berlakunya, maka 6 bulan sebelum berakhir masa berlakunya, paspor harus diperpanjang. Misalnya, jika penyelenggaran ibadah haji tahun 2013 ini dimulai 9 September (jamaah Calhaj Kloter 1 masuk embarkasi), maka waktu perpanjangan paspor dilakukan per 1 Maret. Begitu juga jika berakhir pada akhir Desember 2013, maka pengurusan perpanjangan paspor dimulai 1 Juni 2013.

Sedangkan paspor dalam jumlah 48 lembar berlaku selama 5 tahun dan dapat dipergunakan ke seluruh negara, tidak saja untuk berhaji. Untuk penulisan nama pemilik paspor harus terdiri atas tiga suku kata, syarat pengurusan paspor bagi mereka yang belum memilikinya, yakni KTP, KK, ijazah pendidikan/Akta Lahir dan buku nikah (bagi yang berumahtangga).

Mulai tahun ini, setiap Calhaj yang mengurus paspornya tidak dikenakan biaya map dan paspor tidak disampul lagi untuk memudahkan dalam urusan keimigrasian, Kantor Imigrasi Kabupaten/Kota di Sumut direncanakan akan buka sejak Senin-Sabtu. Sementara tentang ketentuan jamahah Calhaj lanjut usia (Lansia) yang akan mendapat prioritas berangkat tahun ini menunggu keputusan Menteri Agama RI.

 

KERJASAMA

Sementara itu, Kakanwil Kemenagsu H Abdul Rahim dalam sambutannya mengatakan, dalam melancarkan urusan paspor bagi jamaah Calhaj Sumut, maka perlu kerjasama dan koordinasi antara jajaran Kanwil Kemenagsu di kabupaten/kota dengan Kantor Imigrasi Kabupaten/Kota di Sumut.

 

Karena itu, katanya, perlu dijalin silaturahmi dan kerjasama yang baik, sehingga pelayanan yang kita berilkan bagi para calon “Tamu Allah” akan berjalan baik. Sebab, kelancaran dalam memberikan pelayanan bagi jamaah merupakan tujuan bersama kita.
“Jika pihak Imigrasi tidak memberikan pelayanan yang baik dan prima dalam pengurusan paspor haji akan berimbas kepada Kemenag. Begitu juga sebaliknya. Jadi, kedua pihak harus saling proaktif,” sebutnya.

 

Dia meminta kejujuran seluruh jamaah Calhaj Sumut dalam masalah paspor ini. Artinya, jika masih memiliki paspor jangan dikatakan belum pernah mengurus paspor. Sebab, bagi jamaah Calhaj yanhg tidak jujur, jika dia mengurus paspor hajinya akan dikenakan denda. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah (PP) tentang Keimigrasian.

 

Sedangkan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum & HAM Sumut H Rostanov berharap adanya kedisplinan dan kejujuran dari aparat Kanwil Kementerian Hukum & HAM dan Kanwil Kemenagsu dalam pengurusan paspor bagi jamaah Calhaj di Sumut.

 

“Jika dua hal ini dapat kita pegang teguh, saya yakin semua tugas yang dibebankan kepada kita akan berjalan lancar,” tegasnya. (Bar)

 

 

 

Sumber: http://inspirasibangsa.com/pengurusan-paspor-haji-tidak-dikenakan-biaya/

 

Read 103646 times
Last modified on Saturday, 22 June 2013 23:19

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

(WhatsApp Only) 081383735382
Phone : (021) 79170915
Email Pengaduan :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Persuratan:   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel  Instagram kanimjaksel