Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Ratusan KK, Paspor dan KTP Palsu Diamankan, Tersangka Buron

Published in: Berita

Surabaya - Polisi berhasil mengamankan ratusan Kartu Keluarga (KK), Paspor, dan KTP palsu. Sayangnya, dua tersangka yang bermarkas di sebuah rumah di Dusun Masaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang masih buron.
Kasubdit IV Sumdaling Polda Jatim AKBP Maruli Siahaan awalnya mencurigai dua warga Sampang yang kedapatan memiliki paspor palsu sebagai sangu untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Ternyata benar, Siti yang memiliki paspor bernomor R195101 yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Dumai dan Matnaton pemilik paspor bernomor S058338 yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Tanjung Perak, ilegal.
Kemudian, polisi menelusuri, dari mana Siti dan Matnaton mendapatkan paspor tersebut. Alhasil, polisi kemudian mengejar tersangka HB (pemilik rumah) dan SN yang diduga menjadi anak buah yang bertugas untuk mencetak dan mengisi blanko asli dengan stempel palsu.
"Kami datangi rumah tersangka, ternyata kosong. Tapi di situ kami temukan ratusan lembar blanko KK, KTP dan paspor asli. Dugaan sementara, blanko tersebut diisi sendiri oleh tersangka. Tersangka juga memiliki banyak koleksi stempel," kata AKBP Maruli Siahaan di Mapolda Jatim, Kamis (2/5/2013).
Maruli menduga, aktivitas dua tersangka ini sudah berlangsung sekitar 1 tahun belakangan ini. Pasalnya, barang bukti yang diamankan polisi menunjukkan tersangka memiliki banyak klien dan file-file biodata yang akan diisikan pada blanko KTP, KK dan paspor kosong.
Barang bukti yang diamankan polisi yakni 260 KTP, 26 KTP kosong, 22 KK, 46 sampul Paspor, 129 paspor yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Tanjung Perak, 2 paspor Jember, 3 paspor Surabaya, 1 paspor Malang. Tak hanya itu, polisi pun menemukan 216 blanko akte kelahiran kosong, 270 blanko akte kelahiran yang sudah terisi, 46 stempel, 140 blanko kosong KSK asli serta 10 surat nikah aspal.
"Di rumah tersangka, kami juga menemukan 1 unit laptop, 1 blackberry, 1 hape nokia, 20 bendel blanko KK asli, 2 mesin laminating, 2 printer, dan 2 adaptor," tambah dia. (nrm/bdh)

Read 133686 times
Last modified on Saturday, 11 May 2013 04:23

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

(WhatsApp Only) 081383735382
Phone : (021) 79170915
Email Pengaduan :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Persuratan:   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel  Instagram kanimjaksel