Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Sejarah

Jakarta Selatan merupakan daerah yang terkenal dengan kelengkapan sarana dan prasarananya, dimana terdapat berbagai macam pusat kegiatan masyarakat mulai dari area perkantoran, kedutaan negara asing, fasilitas perbelanjaan, sekolah internasional serta fasilitas lainnya. Selain itu dilihat dari segi keamanan yang relatif baik jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di DKI Jakarta. Faktor-faktor tersebut menjadi daya tarik baik masyarakat  umum maupun Warga Negara Asing (WNA) untuk menetap dan berdomisili di wilayah kota Jakarta Selatan.

Masyarakat di daerah Jakarta Selatan tergolong kelompok dengan tingkat perekonomian menengah ke atas. Hal itu tercermin dengan tingginya jumlah penerbitan dokumen keimigrasian bagi warga negara Indonesia maupun surat keimigrasian bagi warga negara asing yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

Kantor imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan yang terletak di Jl. Warung Buncit Raya No. 207, Jakarta Selatan diresmikan pada Tanggal 01 April 1987 sesuai dengan Keputusan Menteri Kehakiman R.I. No. A.1127-Kp.04.04-Tahun 1987 dengan nama Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Ali Amran Djanah, BA ditunjuk sebagai kepala kantor pertama, yang menjabat dari tahun 1987 sampai tahun 1990. 

Awalnya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan merupakan bagian dari wilayah kerja Kantor Imigrasi Jakarta Timur yang dibentuk untuk mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat wilayah Jakarta Selatan atas pelayanan keimigrasian baik dari Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing. Pembukaan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan juga merupakan upaya peningkatan pelayanan keimigrasian di wilayah DKI Jakarta yang ditetapkan dalam surat Keputusan Menteri Kehakiman Nomor M.03-PR.07.04 Tahun 1991. 

Pada Tahun 2006 status kelas Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berubah menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: M.01-PR.07.04 Tahun 2006 dengan wilayah kerja meliputi 10 kecamatan yaitu Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Mampang Prapatan, Pancoran, Tebet, dan Setiabudi.

Jenis pelayanan keimigrasian pada Kantor Imigrasi Jakarta Selatan terdiri dari pelayanan keimigrasian bagi Warga Negara Indonesia diantaranya berupa penerbitan paspor, dan juga Pelayanan Keimigrasian bagi Warga Negara Asing berupa pemberian ijin tinggal dan penentuan status keimigrasian warga asing. Dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Khsusus Jakarta Selatan berpegang pada Tri Fungsi Imigrasi. Selain itu sesuai dengan Tri Fungsi Imigrasi, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan juga melaksanakan pengamanan negara dan penegakan hukum dengan melaksanakan pengawasan dan penindakan keimigrasian baik terhadap Warga Negara Indonesia maupun terhadap Warga Negara Asing.

Kantor imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menjalankan dan melaksanakan kegiatan dengan mengoptimalisasikan pelayanan keimigrasian, dan senantiasa mengambil langkah peningkatan pelaksanaan pengawasan terhadap warga asing. Untuk itu telah dibangun ruang detensi imigrasi sebagai penampungan sementara bagi orang asing yang tertangkap melakukan pelanggaran dan menunggu proses penyelesaian tindakan keimigrasian. Hal tersebut merupakan bentuk kesiapan dan kesigapan kantor imigrasi jakarta selatan dalam pelaksanaan tugas.

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081319066600

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.