Indonesia Tutup Pintu Bagi WNA


Hai Sahabat Si Sultan!


Adanya informasi ditemukannya varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.


Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 4 tahun 2020, Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan Surat Edaran Nomor IMI- 2034.GR.01.01 TAHUN 2020 tentang

Penutupan Sementara Masuknya Orang Asing Ke Wilayah Indonesia, yaitu untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia kecuali kunjungan resmi pejabat setingkat menteri dan tingkat di atasnya. WNA pemegang Kitap atau Kitas. Kunjungan tersebut pun juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.


Bagi WNA yang tiba di Indonesia terhitung per tanggal 28 Desember hingga 31 Desember 2020 mendatang, diberlakukan aturan sesuai ketentuan dalam adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020. yaitu, WNA yang akan memasuki Indonesia diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes RT-PCR dari negara asal dan melakukan pemeriksaan ulang setibanya di Indonesia. Setelah melalui karantina selama lima hari tersebut, WNA akan melakukan pemeriksaan ulang dengan metode RT-PCR. Apabila memperoleh hasil negatif, maka pengunjung diperkenankan untuk meneruskan perjalanan.

Administrator 30/12/2020