Press Release penangkapan 2 (dua) warga negara asing


Halo Sahabat Si Sultan!


Senin, 15 Februari 2021, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan menggelar Press Release terkait penangkapan 2 (dua) warga negara asing yang diduga telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Saffar Muhammad Godam dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan, Muhammad Tito Andrianto yang didampingi oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian serta Kepala Seksi Penindakan Keimigrasian.


Senin, 08 Februari 2021 petugas Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan berhasil mengamankan PS seorang warga negara Thailand dan KA seorang warga negara Maroko dalam kegiatan pengawasan keimigrasian di sebuah rumah kost di daerah Jakarta. 

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa keduanya memegang paspor dan izin tinggal yang telah habis masa berlakunya. PS diketahui memasuki Indonesia pada tanggal 21 Januari 2019 dengan menggunakan Bebas Visa Kunjungan yang menyebabkan dirinya telah overstay selama 720 (tujuh ratus dua puluh) hari. KA merupakan pemegang Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan yang terakhir kali memasuki wilayah Indonesia pada tanggal 26 Januari 2018 sehingga ia telah overstay selama 1052 (seribu lima puluh dua) hari.

Berdasarkan hasil pemeriksaan administratif, keduanya diduga telah melanggar pasal 119 ayat (1) dan pasal 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Seiring dengan berlangsungnya pemeriksaan lebih lanjut terhadap saksi-saksi terkait, telah dilakukan pendetensian di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan terhadap kedua orang asing tersebut.


@kemenkumhamri 

@kemenpanrb 

@yasonna.laoly 

@ditjen_imigrasi 

@dirjenimigrasi 

@kanwilkumhamdki 

@saberpungli_ri 

@muhamad.tito 

@rbkunwas

@andapbudhirevianto

@eddyhiariej

@diary_kemenkumham

Administrator 15/02/2021