Login to your account

Username
Password *
Remember Me

PEMUDA INDONESIA BERANI BERSATU

Published in: Kegiatan Kantor

 

 

 

JAKARTA SELATAN — Sabtu, 28 Oktober 2017 dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 dilaksanakan di Lapangan Parkir Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan Inspektur Upacara yaitu Kepala Kantor Bapak Teguh Prayitno. Upacara diikuti oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Umum dan Pramubhakti. Dalam kesempatan ini Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-89 kali ini mengambil tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

 

Delapan pilu sembilan tahun yang lalu, teatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemudadari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta.mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh sebauah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Sumpah pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda ke-2 dihadiri oleh pemuda kintas suku, agama dan daerah. Fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan abatasan-batasan tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia. Inilah yang kita sebut dengan “Berani Bersatu”.

Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka sehingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang. Untuk dapat berkomunikasi dengan pemuda di pelosok-pelosok negeri ini, cukup dengan menggunakan alat komunikasi tidak perlu menunggu kedatangan tukang pos hingga berbulan-bulan lamanya. Interaksi sosial dapat dilakukan 24 jam kapanpun dan dimanapun. Namun anehnya justry dengan berbagai macam kemudahan yang kita miliki hari ini, kita justru lebih sering berselisih paham, mudah sekali menvonis orang, mudah sekali berpecah belah, saling mengutuk  satu sama lain menebar fitnah dan kebencian. Padahal dengan kemudahan teknologi dan sarana transportasi yang kita  miliki hari ini, seharusnya lebih mudah buat kita untuk berkumpul, bersilaturahmi dan berinteraksi sosial.

Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir”. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah pelah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda…

 

 

 

Read 130 times
Last modified on Monday, 30 October 2017 08:09

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.