Login to your account

Username
Password *
Remember Me

INOVASI TERBARU ANTRIAN PASPOR SIAP DITERAPKAN DI KANIM JAKSEL

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN —  Jakarta Selatan – Rabu, 10 Mei 2017 telah diluncurkan 3 (tiga) inovasi terbaru dalam pelayanan Paspor RI salah satunya Aplikasi Antrian Paspor Online berbasis Android oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan ditunjuk sebagai kantor imigrasi pertama yang menerapkan layanan terbaru ini.

Sekretaris Jenderal Imigrasi, Bapak Friement F.S. Aruan menyampikan sistem ini akan menjadikan pelayanan semakin baik. Ini adalah untuk layanan paspor baru dan penggantian papsor, dimana semua akan dilayani secara online. Kelebihan dari aplikasi ini adalah pemohon akan diberikan informasi mengenai hari dan waktu yang jelas. Sehingga pemohon bisa mengatur waktu untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi. Selanjutnya diberikan pilihan tanggal dan waktu kedatangan ke kantor imigrasi.


Sistem di kantor imigrasi itu nantinya yang akan menentukan waktu yang jelas bagi pemohon. Setiap harinya antrean pemohon pun akan dibatasi sesuai kapasitas dari Kantor Imigrasi.

"Sistem itu akan mengatur sebanyak sekarang ini masih 50 orang per jam. Jadi kalau saya asumsikan satu hari itu 8 jam, berarti 8 kali 50 orang sekitar 400 orang. Memang pelayanan Imigrasi di Jaksel ini masih 400 orang per hari” tambah Friement.

Selain Aplikasi Nomor Antrian Online, juga diluncurkan Aplikasi WhatsApp Gateway Service (WAGS) yang menjadi inovasi yang akan menjadi jembatan komunikasi antara petugas imigrasi dengan pemohon paspor terkait dengan proses penerbitan paspor, utamanya pemberitahuan kepada pemohon bahwa paspor telah selesai. Yang ketiga yakni diberikannya kemudahan prosedur dan persyaratan penggantian paspor yang merupakan kebijakan untuk memangkas birokrasi agar efektif dan efisien. Tujuannnya adalah menyederhanakan tahapan birokrasi dalam penerbitan paspor melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM), dengan hanya mensyaratkan KTP dan paspor lama. Penggantian paspor diselesaikan dalam jangka waktu 1 (satu) hari sejak dilakukan pembayaran.

Uji coba inovasi tersebut akan dilakukan mulai tanggal 16 Mei 2017 bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Khusus untuk kemudahan penggantian paspor, ujicobanya adalah paspor yang sebelumnya dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

“Selanjutnya inovasi ini akan diberlakukan secara bertahap di beberapa kantor imigrasi dan kemudian di seluruh kantor imigrasi di Indonesia. Dengan inovasi ini masyarakat pemohon paspor mendapatkan kenyamanan dan kemudahan pelayanan keimigrasian”, tutup Friement.

Read 1112 times

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.