Login to your account

Username
Password *
Remember Me

IMIGRASI JAKARTA SELATAN BERHASIL MENGGAGALKAN KEBERANGKATAN TKI ILEGAL

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN — Minggu, 16 April 2017 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menggagalkan keberangkatan 13 (tiga belas) orang Warga Negara Indonesia yang akan bepergian ke Malaysia dengan tujuan bekerja secara tidak sah (non prosedural) dan 2 (dua) orang Warga Negara Malaysia yang diduga bertindak sebagai penjemput dan pengantar ketiga belas WNI tersebut

 

TKI ilegal tersebut berasal dari Sumatera Selatan dan Blitar Jawa Timur. Rencana Awal mereka akan diberangkatkan ke Malaysia menggunakan pesawat jet pribadi melalui Bandara Halim Perdana Kusuma. Sedangkan untuk dua Warga Negara Malaysia yang menjemput kini diperiksa pihak imigrasi untuk diketahui perannya, apakah ada sindikat perdagangan orang di belakangnya.

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala menyebutkan bahwa penggagalan atau pencegahan keberangkatan ketiga belas orang calon TKI Non Prosedural merupakan wujud nyata perlindungan Imigrasi terhadap Warga Negara Indonesia yang akan bepergian ke luar negeri. “Adalah kewajiban pemerintah dan negara untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia dari segala kemungkinan ancaman yang mengancam kemerdekaan dan kesalamatan Bangsa Indonesia. Penggagalan atau pencegahan keberangkatan Calon TKI Non Prosedural di Tempat Pendaratan Imigrasi (TPI) Bandara Halim Perdana Kusuma merupakan upaya preventif mencegah WNI menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di luar negeri,” tambah Cucu.

 

Imigrasi tidak melarang Warga Negara Indonesia kerja di luar negeri, tapi harus sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku. Dan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mencegah terwujudnya TPPO yakni dengan pengetatan dan penolakan permohonan Paspor RI dan penundaan/pembatalan keberangkatan di TPI.

 

Penguatan kerjasama antar instansi berwenang dan peran serta masyarakat untuk penanganan kasus calon TKI Non Prosedural mutlak diperlukan dalam pencegahan dan penanganan kasus serupa di masa depan.

 

STOP TKI NONPROSEDURAL!

 

Read 360 times
Last modified on Monday, 17 April 2017 07:03

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.