Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Pentingnya Penerapan SPIP di Kanim Jaksel

Published in: Kegiatan Kantor

JAKARTA SELATAN — Senin, 27 Maret 2017 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menyelenggarakan “Rapat Dalam Kantor Penerapan SPIP Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan”. SPIP atau yang lebih dikenal Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada hakikatnya merupakan proses pengawasan internal yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Kepala Kantor Imirasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun telah terjadi mutasi, rotasi atau pemindahan pegawai baik yang bersifat eksternal maupun internal, sehingga masih ada pegawai yang belum memahami peran SPIP dalam mencapai pengelolaan yang efektif, efesien, transparan, dan akuntabel dalam rangka mempertanggungjawabkan kepada publik dan meningkatkan kesejahteraan. “Wilayah kerja  Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan saat ini bertambah yakni masuknya TPI Halim Perdana Kusuma yang dibawahi oleh Bidang Darinsuk. Sebelumnya tugas pokok bidang Drainsuk yakni pengurusan dan pemberian Papsor RI yang seharusnya dikelola oleh Bidang Lalintuskim. Resiko yang mungkin muncul akan bertambah dan berbeda dari tahun sebelumnya,” tambah Kepala Kantor dalam pembukaannya.

Tujuan dari diadakannya rapat ini yaitu meningkatkan pemahaman pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan mengenai pentingnya pelaksanaan kegiatan, pemantauan, dan dokumentasi penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Rapat yang dihadiri oleh 40 orang ini ikut mengundang perwakilan dari Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM DKI Jakarta sebanyak 2 (dua) orang. Dan yang bertindak sebagai narasumber yakni Dra. Herna Herawati Ak.CA.MM dan Dadan Kusnindar, Ak.CA.MM perwakilan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembagunan (BPKP) Propinsi DKI Jakarta.

Narasumber menjelaskan bahwa intinya SPIP sudah diterapkan pada semua organisasi, hanya tidak ada buktinya berupa pelaporan. SPIP melaksanakan SOP atau suatu kebijakan agar tidak melanggar. Sumber daya manusia yang ada harusmelaksanakan sistem yang ada. Jika SPIP terbangun dari organisasi pusat/atas misalnya dari Kementerian dan Kantor Wilayah dengan baik, maka kebawahnya juga akan sukses.

Dalam penutupannya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan berharap agar dapat dilaksanakannya sosialisasi SPIP yang waktunya lebih lama yakni dilaksanakan pada saat libur akhir pekan sehingga pegawai bisa lebih fokus dalam menerima materi yang cukup banyak lagi. Acara ditutup dengan foto dan makan bersama.

Read 306 times

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.