Login to your account

Username
Password *
Remember Me

KEGIATAN SOSIALISASI UNIT PEMBERANTASAN PUNGLI (UPP) KANWIL KEMENKUMHAM DKI JAKARTA

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN — Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta pada bulan Desember tahun lalu, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta kembali mengadakan kegiatan serupa pada Rabu (29/3). Jika sebelumnya kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh pegawai, maka kali ini yang menjadi peserta pada kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kakanim adalah pejabat struktural dan perwakilan biro jasa keimigrasian.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kakanim menyampaikan bahwa UPP atau yang lebih dikenal dengan Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres No. 87 Tahun 2016. Hal ini dipandang perlu karena korupsi atau pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa.

Selanjutnya Chabib Susanto, JFT Penyuluh Hukum, menjelaskan bahwa Satgas Saber Pungli terdiri dari Tim Pencegahan, Penindakan, Intelijen dan Yustisi. Turut serta dalam kegiatan sosialisasi ini JFT Analisis Keimigrasian, Ilyas Sanusi dan Zahlul Siregar yang sebelumnya pernah menjadi Ka-UPT Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Elli Sabariyani, JFT Penyuluh Hukum yang juga merupakan anggota Satgas Saber Pungli Kanwil DKI menjelaskan bahwa Tim Pencegahan sudah melakukan kegiatan sosialisasi, jangan sampai Tim Penindakan dan Tim Intelijen bertindak atau dengan kata lain jangan sampai terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Pada kesempatan tanya jawab, perwakilan dari biro jasa keimigrasian nampak antusias mengajukan pertanyaan. Yang ditanyakan antara lain mengenai adanya beberapa kelambatan dalam pelayanan WNI dan WNA. Kakanim kemudian menjelaskan bahwa kelambatan bukan semata-mata dari faktor SDM tapi lebih disebabkan pada kondisi infrastruktur (jaringan) yang sudah berumur.

Selanjutnya Tim Saber Pungli yang dikoordinatori oleh Kasubid Pemajuan HAM Lusia Wahyuniati menuju ke ruangan pelayanan WNA di Lantai 3 dan ruang pelayanan WNI (Paspor) yang bertempat di lantai 2 dengan didampingi Kakanim untuk memberikan sosialisasi pada pengunjung penerima pelayanan. 

Read 637 times

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.