Login to your account

Username
Password *
Remember Me

HASIL PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT KANIM JAKSEL TAHAP 2 2016

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN – Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan mengetahui Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) atau Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai kualitas pelayanan. Bekerjasama dengan PT. Treconsulmas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menyelenggarakan survey kualitas pelayanan dalam proses Penerbitan Paspor dan Izin Tinggal Tahap II tahun 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja proses penerbitan Paspor dan Izin Tinggal secara berkala sebagai bahan evaluasi untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya, dan bagi masyarakat, indeks kepuasan dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

Survey dilaksanakan pada bulan Nopember 2016 dan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan SE MEN-PAN Nomor 4/M-PAN-RB/03/2012 tentang Pelaksanaan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Seluruh Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Untuk kegiatan pelayanan proses penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, pada triwulan II tahun 2016 telah dilaksanakan pada tingkatan yang Sangat Baik.  Hal ini terlihat dari besarnya score Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) yang mencapai 81,83. Dan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, nilai ini masuk dalam rentang Mutu Pelayanan “A” (antara 81,26-100), yang berarti kinerja unit pelayanan dapat disebut sebagai “Sangat Baik”.

Sedangkan kegiatan pelayanan proses penerbitan Izin Tinggal di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, pada triwulan I tahun 2016 telah dilaksanakan pada tingkatan yang Baik.  Hal ini terlihat dari besarnya score Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) yang mencapai 78,84. Dan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, nilai ini masuk dalam rentang Mutu Pelayanan “B” (antara 61,5-81,25), yang berarti kinerja unit pelayanan dapat disebut sebagai “Baik”.

Jika dibandingkan dengan tahun 2015, untuk pelayanan proses penerbitan Paspor baik 2015-I (82,94) ataupun 2015-II (83,82), tampak bahwa skor di paruh kedua 2016 relatif lebih rendah, meskipun jika diuji perbedaan ini tidaklah signifikan. Sedangkan pelayanan proses penerbitan Izin Tinggal nilai IKP mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil pengukuran pada semester I tahun 2016 yang mencapai sebesar 91,62 (masuk katagori “A”). Sedangkan jika dibandingkan tahun 2015, maka nilai ini relatif menjadi sama dengan posisi semester I tahun 2015. Pelaksanaan gerakan Saber Pungli tampak berpengaruh positif terhadap pelayanan pengurusan izin tinggal di Kanim Kelas I Khusus Jaksel. 78 % koresponden adalah pihak yang dikuasakan atau pihak perusahaan yang menjadi sponsor. Pelaksanaan gerakan Saber Pungli kemungkinan membuat cara pengurusan yang “Bisa” dilaksanakan menjadi berubah mengikuti aturan bakunya dan ini mungkin membuat koresponden dari kalangan biro jasa dan perusahaan menjadi sedikit kesulitan. Hal ini mungkin turut berperan menekan nilai IKM 2016 tahap II menjadi relatif rendah. Namun mengingat ini adalah gerakan yang baik/positif, Saber pungli tetap harus didukung dan kepuasan koresponden harus diangkat dengan cara yang lain.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan telah berupaya untuk fokus kepada harapan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Mudah-mudahan hasil survey kualitas pelayanan Tahap II tahun 2016 ini dapat membantu pihak terkait untuk memperbaiki terus-menerus kualitas pelayanan penerbitan Paspor dan Izin Tinggal yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan kepada masyarakat di masa mendatang.

 

 

Read 355 times

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.