Login to your account

Username
Password *
Remember Me

IMIGRASI MENOLAK PENGAJUAN PASPOR 258 WNI

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN — Jakarta, Direktorat Jenderal Imigrasi telah menolak pengajuan Paspor RI sebanyak 258 permohonan mulai tanggal 01 Januari 2017 sampai 17 Februari 2017. Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie menjelaskan bahwa penolakan permohonan paspor RI oleh Kantor Imigrasi didasari karena WNI baik calon TKI juga calon Jamaah Haji Umroh yang sering dijadikan modus untuk melanjutkan kegiatan sebagai TKI tanpa dokumen visa kerja dari negara tujuan TKI. Hal ini akan berdampak menjadi TKI ilegal, karena caranya menjadi TKI secara unprosedural.

Dari 258 penolakan tersebut, pengajuan paspor 55 orang ditolak di Kantor Imigrasi Mataram, Nusa Tenggara Barat. Disusul Kantor Imigrasi Blitar, Jawa Timur, yaitu 34 orang. Kemudian penolakan paling sedikit terjadi di Kantor Imigrasi Pangkal Pinang, yaitu 1 orang.


Penolakan (juga terjadi) dalam bentuk pencegahan keberangkatan ke luar negeri terhadap WNI oleh Kantor Imigrasi yang pelaksanaannya dilakukan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional terhadap WNI yang akan bekerja di luar negeri tanpa dilengkapi oleh dokumen atau perizinan yang sah atau non prosedural sebanyak 133 orang.

Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang paling banyak menolak keberangkatan WNI yang diduga akan menjadi tenaga kerja ilegal di luar negeri, yaitu 72 orang. Tempat kedua paling banyak melakukan penolakan adalah Batam, yaitu 31 orang, dan paling sedikit di Bandung, yaitu 6 orang.

Selain penolakan terhadap keberangkatan WNI, Imigrasi menolak kedatangan sejumlah warga negara asing (WNA) di TPI beberapa bandara internasional. Penangkalan terhadap kedatangan WNA yang masuk ke Indonesia oleh kantor Imigrasi yang pelaksanaannya dilakukan di TPI di bandara internasional terhadap WNA sebanyak 179 orang.

Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi tempat paling banyak melakukan penolakan kedatangan WNA, yaitu 92 orang. Tempat kedua dan ketiga paling banyak menolak kedatangan WNA adalah Batam dengan 31 orang dan Medan dengan 25 orang. 

Pencegahan TKI ilegal dan TKI unprosedural ini tidak lepas dari bagaimana Direktorat Jenderal Imigrasi dan Jajarannya bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Propinsi, Kabupaten dan Kota selain Kementerian Tenaga Kerja dan juga BNP2TKI di pusat dan BNP3TKI di Propinsi, Kabupaten dan Kota.

 

Sumber : Humas Ditjenim dan detik.com https://news.detik.com/berita/d-3425759/dokumen-tak-lengkap-pengajuan-paspor-258-wni-ditolak-imigrasi

 

Read 798 times

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.