Login to your account

Username
Password *
Remember Me

SYUKURAN HBI KE-67 DI GRAHA PENGAYOMAN

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN —Kamis (26/1/2017) Acara syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-67 yang diselenggarakan menjadi puncak dari rangkaian peringatan HBI di tahun 2017 ini. Acara yang dilaksanakan di Graha Pengayoman ini berlangsung dengan hikmat dan meriah

Acara diawali dengan pembacaan story telling atau narasi kilas balik perjalanan dari awal berdirinya Imigrasi hingga menginjak usianya yang ke-67 tahun. Diawali dengan serah terima kedaulatan masalah keimigrasian dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia serikat dengan surat penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Serikat Nomor CZ/30/16 tanggal 28 Januari 1950. Mr. Yusuf Adiwinata diangkat sebagai Kepala Jawatan Imigrasi yang pertama. Surat penetapan itu berlaku surut sampai dengan tanggal penyerahan kedaulatan masalah keimigrasian, bertolak pada penyerahan kedaulatan keimigrasian dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia. Tanggal 26 Januari inilah yang kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun imigrasi di Indonesia.

 

Dalam 4 tahun terakhir, telah dicapai perubahan-perubahan yang signifikan, di antaranya Sistem Pelayanan Paspor Terpadu, Bebas Visa Kunjungan bagi 169 negara, penambahan jumlah Kantor Imigrasi menjadi 125, berdirinya 16 Unit Layanan Paspor, peluncuran Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) dan Izin Tinggal Online.

 

Pada tanggal 27 November 2016, Direktorat Jenderal Imigrasi telah menyatakan komitmen implementasi e-Gov dalam penyelenggaraan keimigrasian. Untuk mengimplementasikan komitmen tersebut, pada hari jadinya yang ke-67 pada tanggal 26 Januari 2017, Imigrasi mengusung tema “Imigrasi e-Gov Pasti Nyata” yang mengedepankan fasilitas pelayanan dan penegakan hukum keimigrasian yang berbasis teknologi informasi.

 

Tema tersebut selaras dengan resolusi Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun 2017 yang telah dicanangkan yaitu “Reformasi Hukum dan e-Government PASTI Nyata”. Hal tersebut disadari mengingat teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang pesat, yang membuat Direktorat Jenderal Imigrasi harus mampu berbenah diri guna mewujudkan birokrasi Indonesia yang lebih demokratis, mudah, efisien, akuntabel dan transparan.

 

Saat ini telah diterapkan Enhanced Cekal System (ECS), pembangunan Pusat Data Keimigrasian (PUSDAKIM), penerapan e-office di seluruh Unit Pelayanan Teknis baik dalam dan luar negeri, implementasi sistem Border Control Management (BCM), penerbitan electronic passport (e-paspor), Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) atau yang lebih dikenal dengan One Stop Service, Disaster Recovery Center (DRC), Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), e-KITAS dan Izin Tinggal Online, yang kesemuanya untuk mewujudkan e-government PASTI Nyata.

 

Dalam acara tersebut, Menteri Hukum dan HAM RI memberikan penghargaan kepada UPT Keimigrasian yang berprestasi. Tahun ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan mendapatkan penghargaan atas capaian penegakan hukum keimigrasian di bidang penanganan pro justitia terbanyak kategori Kantor Imigrasi Kelas I Khusus. Ini merupakan penghargaan kedua kalinya secara berturut-turut.

 

Pada akhir acara, di-launching buku tulisan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala, S.H., M.Si. Buku yang berjudul “Ketika Membuat Paspor Terasa Lebih Menyenangkan” merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat luas bahwa pembuatan paspor saat ini, tidak menakutkan seperti yang dibayangkan. Secara simbolis, Kakanim Jakarta Selatan menyerahkan buku tersebut kepada Menteri Hukum dan Ham, dan Direktur Jenderal Imigrasi.

Read 454 times
Last modified on Thursday, 09 February 2017 00:16

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.