Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Benarkah Urus Paspor di Imigrasi Tidak Ada Pungli dan Calo???

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN — Terimakasih atas apresiasi pada Sdri Ifani dalam laman https://seword.com/umum/benarkah-urus-paspor-di-imigrasi-sdh-tidak-ada-pungli-dan-calo/ yang di-upload pada tanggal 15 Nopember 2016 dimana dalam tulisan tersebut menjelaskan tentang  bersihnya pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan yang bebas dari pungli serta fasilitas yang disediakan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Berikut kutipan dari tulisan “Emak Menjawab”:

 

Ni, mak tes ya, gw peratiin smuanya dari mulai sampai selesai.

Paspor mak mau habis tinggal brapa bulan lagi. Mak ke agen yang biasa urus, kata agen dah gak bisa harus urus sendiri, dibayar berapa juga gak bisa.

Nelpon kenalan di imigrasi, malah dipidatoin, imigrasi itu sekarang bagus dan steril, semua bisa urus sendiri dan pasti akan dilayani dengan baik eaaa, gw senep. Urusan sama kantor pemerintahan itu yang gw tau nyebelin, pernah nunggu 4 jam sampe jam 11 orangnya baru masuk kantor, tibang mau legalisasi, pokoknya gak banget deh.

Mau daftar paspor lewat website, down Meluluk. Antrian pembuatan paspor dari jam 7 sampai 10 pagi, pengambilan dari jam 1 sampai 4 sore. Jam 5.15 pagi, mak sudah dateng ke kantor imigrasi Jakarta Selatan. Ngantri dah ada 30an orang, duduk diluar teratur tempat duduknya. Pas jam 5.40 datang petugas suru masuk, bujubune rajin ni kantor lom jam 6 pagi orangnya dah pada dateng.

Masuk ke dalam per 20an orang. Di dalem adem pake AC, tempat duduk rapi bederet, lantai kinclong, pake ada tempat maen anak segala sama kamar ibu menyusui, aqua aja ada disediain, tapi mungkin yang nemu aqua gw doang, kan gw suka blusukan tau tempatnya wkwk.
Antrian teratur. Di antrian berkas diperiksa petugas dulu. Pas ini yang meriksa petugasnya chinese ganteng tinggi besar gak tauk namanya, mang gw wartawan nanya-nanya wkwk.
Berkas harus berupa asli : KTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah, Paspor lama kalau perpanjangan, surat nikah bila sudah menikah, dan fotocopy nya semua tidak dipotong, harus A4.

Bawa pulpen item, gakda yang nyewain pulpen dimarih.

Bila dokumen lengkap, dipersilahkan maju dikasi nomor antrian dijepret di map formulir, jangan isi dulu tar salah salah kayak gw.

Jam 6 pagi, pada duduk. Petugas pegang mikrofon, nyalamin “pelamar paspor” semangat, mau kasi briefing detail cara dan prosedur pengurusan paspor. Namanya kemaren pak Wagino, nerangin ngisi form gimana, kalo salah gimana, potocopy dimana, semua dijabarkan sampe sedetail2 nya oleh pak Wagino dengan bercanda juga, kalo suami nulis nama istri di formulir satu aja yang mewakili, jangan kalo punya 4 misalnya ditulis semua, rombongan rame amat formnya tar prustasih.

Di akhir sesi briefing boleh nanya, pertanyaan oon2 pun boleh, ada yg nanya mau minta paspor seumur hidup, dijawab kagak ada adanya ktp seumur hidup, ada yg nanya kalo saya gak punya duit potocopi gimana, kalo gw dah gw suru pulang ni orang tapi petugas tetap ramah dan baik sekali apapun pertanyaan dilayani semua.

Nanti nomor antrian dipanggil, masuk, dan terpampang di layar tv. Di dalam diwawancara, difoto dan sidik jari, dikasi form bayar ke bank atau lewat atm, dah keluar lagi pegi bayar.

Gini cara bayar di ATM, gw kan oon.

Mau bayar di bank belom buka masi 30 menit lagi, ke atm, ada satpam pak Kholib namanya, mau nganter, mungkin karena tampang gw oon kali wkwk. Diberi petunjuk olehnya tahapan tahapannya, karena ada petunjuk tapi kecil banget. Pertama masuk tekan transaksi “lainnya” lalu “bayar beli” lalu “pnpb pendapatan negara” masukan kode yg ada di pengantar bayar paspor yang tadi didapat waktu foto. Di layar keluar nama anda, cek dulu bener pa gak kalo bener tekan ok, keluar print out, kalo gakda nama disitu berarti belum valid, coba lagi, sampe ada nama anda dan jumlah bayar tercetak di print out atm. Semua ini dibantu pandu oleh satpam imigrasi, trus kata satpam cek saldo bu sambil ia ambilkan stepler, ni bu biar gak ilang katanya, dijepret. Lah ni satpam mana baik pinter lg, gw kan rada rabun bari gaptek ditulungin Satpam trus bilang tar bu dateng ambilnya yang sepi jam 2.30 katanya gitu, Gak ngarep tip koq baik aja ngerjakan tugasnya.

Setelah itu pulang aja datang 3 hari lagi setelah bayar, ambil paspornya jam 1 s.d. 4 siang.

Gw bilangin ya Imigrasi ini, steril dari calo. Mau loe jutawan atau mlarat, naik lambo atau becak, bila bawa syarat lengkap dilayani dgn baik tidak dibedakan sama sekali, duit loe gak berperan disini mo kkn gak bisa.

Bila pengambilan paspor diwakilkan, bawa Surat kuasa dan ktp asli pemohon, bagi nama yang tertera di KK pemohon, boleh gak pake surat kuasa, anak suami dll.

Kalo paspor mau pake nama suami di belakang boleh, tapi mikir dulu tar cerai ganti namanya lagi susah, kalo pakai nama bapak loe kagak pake cere seumur idup.

Duduk yg bener jgn pake sendal jepit baju yg sopan mo dipoto cakepan dikit, ke salon noh wkwk

Toilet disini bersih, ada tisunya. Pokoknya kayak di ngeropah dah malah lebih bagus eaaa.

Loe jgn mikir rebutan antrian yak, sala tempat disini rapi antriannya.

Gw salut dah…salut bener, kita ini rakyat di kantor imigrasi jadi merasa punya pemerintahan yg ngelayanin kita. Gak sia2 dibayar rakyat. Baru sekali ini gw rela banget bayar pajak, biasanya rela rela tepaksa gitu wkwk. Rakyat dihargai dan dilayani dengan sangat baik.
Bravo ke menterinya, anda layak dapat bintang Pak Yasonna Laoli, anda hebat Pak Jokowi juga hebat memilih anda.

Sekarang gw jawab pertanyaan gw sendiri : Tidak ada lagikah pungli, calo, duit sogokan dan sejenisnya di kantor imigrasi (Jakarta selatan paling tidak)?

TIDAK ADA

Untuk urus paspor disana bebas KKN!  Selamat!!!!

Semoga dengan Tulisan Ifani Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan dapat terus berbenah dan memperbaiki diri. Bravo Imigrasi Indonesia !!

 

Read 2869 times
Last modified on Wednesday, 16 November 2016 03:50

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.