Login to your account

Username
Password *
Remember Me

POTRET IMIGRASI MELAYANI SETULUS HATI OLEH ANDREAS PASOLYMPIA

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN--maret 2015 Terimakasih atas apresiasi pada Bapak Anderas Pasolympia dalam laman http://m.kompasiana.com/post/read/727594/1/sukur-andoyo-potret-ketulusan-pelayanan-paspor-kanim-jakarta-selatan-.html, dimana dalam tulisan tersebut menjelaskan tentang  potret ketulusan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Sumber: m.kompasiana Andreas Pasolymia.

“ Pernahkah Anda merasa tergetar hatinya hingga menangis? Itulah yang saya alami sekarang, saat menulis artikel ini sembari menunggu antrian paspor. Tampak di depan saya seorang tua yang memegang mikrofon, sorot matanya tampak tegas namun dengan senyum tulus yang mengembang. Sesekali ia memakai kacamatanya untuk melihat dokumen-dokumen dari orang yang mengurus paspor. Dengan suara bak penyiar radio ia berkata, "Silakan bapak ibu dicek lagi apakah sudah membawa KTP, KK, akta lahir, dan persyaratan lainnya. Ayo sini tanya saya kalau ada yang kurang jelas."

Beliau bernama Sukur Andoyo. Ia adalah petugas Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, wilayah Warung Buncit. Sebetulnya ia adalah petugas foto dan wawancara dalam pengurusan paspor di kantor tersebut, dan sama sekali tidak ada SK yang mengutusnya untuk membantu sedemikian total sejak pagi buta. Namun kreativitas dan ketulusan hatinya yang mendorongnya untuk datang ke kantor lebih awal dan menjadi "penyiar" di kantor tersebut. Tidak hanya itu, tampak di depan saya pelayanan paling prima yang pernah saya lihat dilakukan oleh Pak Sukur. Membukakan lansia pintu lift, menunjukkan jalan, memberi tahu tentang sarapan, mengambilkan formulir, bahkan juga mengisikan formulir!

Gendeng! Benar-benar services excellences tingkat dewa. Saya kaget, benar-benar kaget. Dengan lembut Pak Sukur yang biasa disapa Mbah Kung (Simbah Kakung) ini menyapa seorang adik kecil, "Halo Dik sudah sekolah belum? Nemenin papa bikin paspor ya." Beberapa saat kemudian ia juga menenangkan seorang ibu yang panik, "Tenang Bu, sini saya bantu." Ia benar-benar memperlakukan setiap warga yang mengurus paspor seperti tamunya sendiri. Banyak wajah sumringah yang tampak pada orang-orang setelah dirinya dibimbing oleh Pak Sukur Andoyo.

This is the heart of services excellences! Ini adalah inti sejati pelayanan prima. Saya benar-benar menangis haru melihatnya. Di tengah banyak sekali kebusukan di dunia ini, di tengah sistem-sistem yang digerogoti korupsi, di tengah dunia yang dipenuhi kecacatan dan duka. Masih ada orang yang menjalankan pekerjaannya dengan penuh arti. Masih. Bayangkan seandainya semua pegawai pemerintahan, atau bahkan semua orang memiliki hati yang penuh kasih dan melayani seperti Pak Sukur Andoyo ini, saya penasaran. Seberapa Indonesia akan menjadi raja diraja kemakmuran dunia. Terima kasih Pak Sukur, engkau telah membuat kami, rakyat Indonesia yakin. Masih ada ketulusan dan kejujuran sejati di negeri nan agung ini “

Segenap pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Terharu membaca blog tersebut, cukup berimbang dan tidak mengada-ada. Perubahan demi perubahan terus kami lakukan untuk kepuasan pemohon paspor khususnya di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Dibawah kepemimpinan Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan  Yudi Kurniadi  Kantor Imigrasi Jakarta selatan melakukan pembenahan dimulai dengan membuat sistim Antrian yang berimbang, akuntabel, serta transparan. Layout yang dibuat transparan sehingga masyarakat dapat melakukan kontorol pada Kantor Imigrasi Jaksel. SMS posisi nomer antrian yang dapat diakses dimana saja melalui HP dimana saja memudahkan pemohon mengetahui jumlah sisa kuota dan jumlah yang terlayani secara real time, serta info antirna yang dapat di akses melalu web infoantrianpaspor.imigrasi.go.id.

Semoga dengan Tulisan Anderas Pasolympia Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dapat terus berbenah dan memperbaiki diri. Bravo Imigrasi Indonesia !!

Read 1533 times
Last modified on Tuesday, 10 March 2015 05:18

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.