Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Imigrasi Jaksel Jaring 7 Model Warga Negara Asing

Published in: Berita

JAKARTA SELATAN-- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan  Yudi Kurniadi, S.H, M.H tanggal 22 Januari 2015 bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan telah menterjaring 7 (tujuh) orang Warga Negara Asing pada operasi lapangan dilakukan bidang pengawasan dan penindakan.

Yudi Kurniadi, S.H, M.H  menjelaskan bahwa pada saat operasi lapangan yang dilakukan bidang pengawasan dan penindakan terjaring 7 (tujuh) orang Warga Negara Asing yang terdiri dari :

  • 1 (satu) orang perempuan Warga Negara Australia
  • 1 (satu) orang perempuan Warga Negara New Zealand
  • 1 (satu) orang perempuan Warga Negara Spanyol
  • 1 (satu) orang laki-laki Warga Negara Maroko
  • 2 (dua) orang laki-laki dan 1 (satu) perempuan Warga Negara Brazi

menurut Yudi Kurinadi sementara ke-7 Orang Asing tersebut di duga melakukan penyalahgunaan Izin Tinggal sesuai Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Ke-7 Orang Asing tersebut memiliki profesi sebagai model dan datang ke Indonesia dengan menggunakan Izin Kunjungan Wisata (visa on arrival) yang seharusnya izin tersebut hanya digunakan untuk tujuan wisata dan kunjungan social budaya serta bukan untuk bekerja. Dugaan penyalahgunaan Izin Tinggal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya kontrak kerja sebagai model di agency dengan inisial H.E dan F.I.M, kwitansi pembayaran/honor sebagai model dan jadwal foto masing-masing model.

Saat ini melalui kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan Toto Suryanto, S. Sos  masih melakukan pendalaman lebih lanjut perihal temuan tersebut. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap ke-7 Orang Asing yang diduga sebagai model tersebut dapat dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dari wilayah Indonesia. Namun apabila ditemukan 2 alat bukti yang cukup, maka dapat dilakukan penyidikan tindak pidana keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terhadap ke-7 Orang Asing tersebut dikenakan ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah), karena dengan sengaja telah menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya.sedangkan terhadap sponsor/penjamin, diancam dengan tindak pidana keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 122 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah), karena memberikan kesempatan kepada Orang Asing menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian Izin Tinggal yang diberikan kepadanya.

Read 1408 times
Last modified on Friday, 23 January 2015 07:01

Peta Lokasi

Alamat Kontak

Jl. Warung Buncit Raya No. 207
Jakarta Selatan 12790

Phone : (021)79170912 , (021)79170913,
Fax : (021)79170914
Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitt @kanim_jaksel   Facebook Kanim_jaksel

 

LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

Hotline : 081383735382 (Jam Kerja)

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.