Akselerasi Satu Data Indonesia Melalui SADA KUMHAM dan Pemanfaatan Dashboard Eksekutif


Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan mengikuti kegiatan teleconference yang diadakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham. Kegiatan teleconference ini juga diikuti oleh satuan kerja lain se-Indonesia. Teleconference ini bertema “Akselerasi Satu Data Indonesia Melalui SADA KUMHAM dan Pemanfaatan Dashboard Eksekutif”. Pembicara dalam kegiatan teleconference ini adalah Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Fajar B. S Lase. Kegiatan ini dilakukan di Kegiatan teleconference ini bertujuan untuk membentuk data kementerian yang terintegrasi satu sama lain sehingga menjadi satu sumber data di kementerian.
Dalam rangka menuju kementerian yang maju ke depan, Kemenkumham meluncurkan SADA Kumham (Satu Data Kumham) dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa dashboard eksekutif. Dashboard Eksekutif ini merupakan aplikasi berbasis web dengan fokus pada pelayanan yang mencakup proses digitasi, digitalisasi dan transformasi. Melalui aplikasi berbasis web ini akan mempermudah pemantauan data dari setiap satuan kerja di bawah kemenkumham yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pusdatin membangun dashboard eksekutif yang dapat menyajikan data kinerja dari setiap satker. Selain itu terdapat pula data dengan peta Indonesia dimana bisa menampilkan setiap unit satuan kerja, yang mana jika melakukan satu kali klik akan muncul data pimpinan unit kerja tersebut.
Dashboard ekskutif nantinya ditujukan agar pimpinan dapat memantau data dalam satu kali klik. Data yang ditampilkan dalam dashboard eksekutif ini mencakup pencapaian kinerja pegawai serta penyerapan anggaran. Ke depannya, pengelolaan data secara digital diharapkan dapat dimanfaatkan untuk dapat menjadi kekuatan secara internal atau eksternal. Data yang telah terkumpul nantinya dapat diolah menjadi informasi yang dapat digunakan dan menjadi data berbayar dan juga peningkatan PNBP.

Humas Kanim 25/08/2020